Tip Mengatasi Kerugian Pada Saat Trading


                                                         Dalam setiap usaha baik bisnis maupun investasi yang namanya resiko tidak dapat dihindari. Tetapi resiko dapat diminimalisir atau dikurangi jika pelaku usaha jeli dalam menganalisa pasar. Berikutini saya memiliki 3 tips trading yang pada umumnya sangat sering dibahas tetapi juga sering dilupakan oleh para kalangan trader.




Tips Trading ke-1 : Analisa pasar dan Ikuti Pergerakan Trend

Seorang trader harus dapat menganalisa pasar dan juga pergerakan trend. Terkadang seorang trader terlalu yakin bahwa prediksinya pasti benar lalu ia membuka posisi. Ternyata harga bergerak tidak sesuai dengan analisanya namun ia tetap yakin bahwa ia benar dan market yang salah. Market tetap berlawanan dengan analisa sang trader dan ia mulai cemas, berharap mukjizat akan terjadi. Namun, mukjizat tidak terjadi dan akhirnya ia harus gigit jari karena terkena margin call.
Untuk meminimalisir resiko trading, kita sebagai trader seharusnya tidak boleh sembarang dalam membuka posisi apalagi bila kita belum menganalisa pasar dan tidak tahu arah pergerakan trend. Analisa pasar terlebih dahulu dan ikuti pergerakan trend barulah membuka posisi. Ikuti trend dan jangan pernah melawannya.

Tips Trading Ke-2 : Menggunakan Taking Profit (TP) & Stop Loss (SL)

Trader pemula biasanya sangat tidak suka menggunakan 2 hal ini yaitu taking profit dan stop loss. Salah satu kesalahan fatal para trader yang mengalami kerugian adalah tidak menggunakan TP dan SL dengan baik. Pada saat loss dibiarkan sampai berapa pun jumlahnya, tidak berani/ikhlas untuk melakukan cut loss. Akan tetapi pada saat profit, hati mulai tidak tenang dan ingin menutup posisi yang sedang profit dengan segera.
Jika menggunakan TP dan SL dengan disiplin, niscaya trader tidak akan frustasi dalam trading-nya, sebaliknya para trader bisa tersenyum lebar saat melihat profit yang diperoleh.

Tips Trading Ke-3 : Disiplin, Sabar, dan Jangan Serakah

3 hal ini sangat penting dalam dunia trading yaitu Disiplin, Sabar, dan Jangan Serakah.
A. Disiplin
Ketiga hal ini sangat penting dalam dunia trading yaitu disiplin, sabar, dan tidak serakah.
  • Disiplin dalam open posisi
  • Disiplin dalam open posisi, tentukan pukul berapa dalam setiap open posisi. Tidak dianjurkan pada saat market sedang sideways.
  • Disiplin dalam menentukan TP dan SL
  • Disiplin dalam menentukan TP dan SL. Pada saat open posisi, trader harus tahu terlebih dahulu berapa poin yang akan didapat dan hilang. Tentukan TP dan SL sesuai dengan money management anda dan jangan pernah merubah TP dan SL yang telah dipasang.
  • Disiplin dalam Money Management
  • Disiplin dalam Money Management. Trader harus disiplin dalam menentukan besarnya poin yang ditradingkan dalam sehari. Misalkan setiap hari target yang didapat yaitu 30 poin. Jika dalam 1 hari sudah profit atau loss 30 poin, silahkan tutup laptop/komputer dan jangan melakukan open posisi lagi. Lakukan open posisi pada keesokan harinya.
B. Sabar
Seorang trader harus sabar dalam mengambil moment yang pas untuk membuka posisi. Jika sudah yakin untuk membuka posisi silahkan. Akan tetapi jika belum yakin jangan pernah open posisi. Sabar dalam menunggu moment yang pas dan jangan pernah terburu-buru. Lebih baik menunggu moment yang tepat tetapi disertai keyakinan, daripada terburu-buru tetapi tidak yakin.
C. Jangan Serakah
Seorang trader jangan pernah serakah jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Banyak kasus yang terjadi jika trader serakah maka yang tadinya sudah profit malah sebaliknya berubah menjadi loss. Tentukan target yang akan didapat lalu jika target sudah dipenuhi jangan open posisi lagi untuk hari itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar